Penjualan Yamaha Kembali Salip Honda

Jum’at, 10 Agustus 2007 | 07:41 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta:Penjualan sepeda motor Yamaha dari produsen ke dealer sepanjang Juli lalu kembali menyalip Honda. Volume penjualan sepeda motor Yamaha yang mengungguli Honda mengulangi data penjualan Maret lalu.

Data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia menunjukkan, penjualan sepeda motor sepanjang Juli sebesar 364.389 unit. Penjualan sepeda motor Yamaha unggul dengan 161 ribu unit, sedangkan Honda di posisi kedua dengan 143 ribu unit. Adapun Suzuki berada di posisi ketiga, sebanyak 53.500 unit.

Secara akumulatif, penjualan distribusi Januari-Juli 2007 mencapai 2,5 juta unit. Penjualan ini naik sekitar 300 ribu dibanding pada periode Januari-Juli 2006.
Dibandingkan dengan penjualan pada Juni 2007, yang tercatat 374.605 unit, data Juli tersebut mengalami penurunan penjualan sekitar 10 ribu unit.

Sepanjang Juni, Honda menduduki penjualan terbanyak, yakni 164 ribu unit, dan Yamaha 154 ribu unit. Sementara itu, Suzuki berada di posisi ketiga dengan proporsi 13 persen.

Wakil Ketua Umum Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia Gunadi Sindhuwinata menuturkan ada beberapa merek sepeda motor yang belum mengirimkan data. Tapi secara umum, kata dia kepada Tempo, “Meski belum resmi, data penjualan itu mendekati angka riil.”

Menurut Kepala Komunikasi Korporasi PT Astra Honda Motor Kristanto, penurunan penjualan distribusi Honda pada Juli karena perusahaan melakukan penyehatan stok di dealer. Penyehatan stok ini dalam rangka persiapan peluncuran tiga jenis sepeda motor baru Honda. “Akibatnya, jalur distribusi terhambat,” ujar Kristanto saat dimintai konfirmasi.

Kristanto memaparkan, pada akhir Agustus dan awal September nanti Honda akan meluncurkan tiga jenis baru sepeda motor. Satu jenis untuk Vario dan dua jenis untuk sepeda motor bebek. “Stok distribusi sengaja diturunkan untuk diganti dengan yang baru,” ujar dia.

Rencananya, kapasitas produksi Honda Vario pada Agustus-September akan ditambah dari 1.200 unit per hari menjadi 1.600 unit per hari. Akhir tahun nanti Honda tetap optimistis menguasai pangsa pasar sepeda motor, sebesar 50 persen.

Dia menuturkan penjualan jalur distribusi–dari produsen ke dealer–tak mencerminkan penjualan secara riil. Berdasarkan data yang dimiliki Honda, penjualan retail atau langsung kepada konsumen sepanjang Juli 2007 sebanyak 194 ribu unit. Terakhir Honda meluncurkan sepeda motor bebek dengan merek Revo.

Sementara itu, menurut General Manager Promotion and Motorsport Yamaha Bambang Asmarabudi, Yamaha mentargetkan penjualan akhir tahun mencapai 40-an persen pangsa pasar.

Tren persaingan yang ketat untuk menduduki posisi nomor satu di industri sepeda motor nasional ini sebetulnya sudah terlihat dari dulu. Honda, yang biasanya menempati posisi teratas, selalu bersaing ketat dengan Yamaha.
Adapun tahun lalu, Honda mencatatkan penjualan 2,3 juta unit, sedangkan Yamaha sebesar 1,46 juta unit.

Gunadi menambahkan, setelah ada penurunan penjualan pada Juli, pada Agustus nanti diharapkan penjualan kembali naik. Penjualan sepeda motor tahun ini diprediksi bisa sedikit menyamai pencapaian pada 2005, yang 5,1 juta unit. Artinya, setiap bulan minimal terjadi penjualan sepeda motor 360-380 ribu unit.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: