Berita Motor: Test Ride – Suzuki Shogun SP…!!! Mei 30, 2007

Test Ride – Suzuki Shogun SP…!!! Mei 30, 2007
Sumber: http://triatmono.wordpress.com/

Posted by triatmono

Suzuki menurunkan Shogun SP sebagai senjata pamungkas untuk kelas bebek 125cc. Mengusung engine 4 tak, 124.1 cc, SOHC sanggup mengeluarkan power 10.8 PS pada 8000 RPM (paling gede di kelasnya). Transmisinya menggunakan 4 percepatan. Dari sisi tarikan terasa cukup kenceng dan ini udah pake kopling. Top speed shogun SP bisa mencapai 120 km/h.

Dari sisi pengendalian, yah menurut gue lho.. lumayan aza lah… gue bandinginnya dengan handling satria FU150 yah… sebagai barometer… yang gue heran dari ini motor… adalah adanya lubang deket panel indicator.. gue nggak abiz pikir .. ini apa buat ngintip minyak rem atau ada maksud lain… tapi terkesan nggak rapi deh… 

Dari sisi pengereman… boleh lah… depan belakang udah menggunakan cakram. Bannya juga standard (depan 70/90-17, sedangkan belakang 80/90-17) mirip lah dengan bannya satria pakai IRC juga. Demikian juga velgnya mirip plek-plek. Starter nya menggunakan kick starter, nggak ada electric starter. Dibawah jok selain tanki bensin, juga ada bagasi kecil lumayan lah… walau Shogun SP ini tarikannya responsif, namun penggunaan bahan bakarnya lumayan irit.. 1 liter bisa nyampe plus minus 55 km.

Keluhan yang sering adalah bunyi nyit-nyit pada pada cakram belakang. Hal ini disebabkan Shogun SP menerapkan cakram, kaliper dan velg punya satria tapi nggak diimbangin dengan swing armnya. Swing arm Shogun relatif kecil dibandingin satria Fu150. Untuk mengatasinya banyak yang nambahin ring 2mm di as roda belakang, agar kaliper nggak jepit cakram. Keluhan lain adalah agak susah dinetralin neh gigi nya… dimajuin menjadi gigi 1, dimundurin menjadi gigi 2… netralnya agak susah.

Untuk meningkatkan kestabilan dan handling, banyak yang mengganti ban shogun SP Standard dengan ban tubeless 80/90-17 untuk depan, dan 90/80-17 untuk belakang. Sekilas engine shogun dan smash mirip, namun shogun menggunakan engine block dari Jepang sedangkan smash menggunakan engine block dari Siam yang lebih murah.

Untuk inreyen motor, banyak yang menyarankan jangan digeber dulu sampe 2000 km, tapi banyak pula yang menyarankan cukuplah 500 km. Dari pengalaman gue sih.. 500 km aza sudah cukup, setelah itu ganti oli dengan yang bagusan… Anyway, dengan harga Ep. Rp. 13,2 juta rupiah… fitur yang diberikan Shogun SP bolehlah… tarikan ngacir, rem udah cakram, full kopling… bandingin dengan kompetitor lainnya macam Honda Supra 125 DD yang dibanderol seharga Rp. 14.6 juta, ataupun dengan Kawasaki ZX130 VR yang dibanderol Rp. 13,6 juta. Gue nggak bandingin dengan Yamaha MX135 LC CW, karena cc nya beda dan harganya pun juga jauh yaitu Rp. 14,9 juta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: