Berita Motor: Yamaha Mio Soul… Kegalauan Yamaha terhadap Kompetitornya

Sumber: http://triatmono.wordpress.com 
Yamaha Mio Soul… Kegalauan Yamaha terhadap Kompetitornya..??? Agustus 16, 2007
Posted by triatmono

Akhirnya… Yamaha akan mengeluarin Yamaha Mio Soul.. (well.. menurut gue.. nama Soul berbau marketing.. yah wajar lah namanya juga dagangan…!!!) ..Sebelumnya pasar banyak menunggu dan berharap bahwa New Mio bakalan mengusung engine baru..!! Walau di Thailand sendiri tetep aza.. menggunakan engine lama..!!! Para kompetitornya… terutama honda.. pelan-pelan sudah mulai menjailin pasar skutik.. yang semula sangat didominasi Yamaha..!!! Belum lagi suzuki spin… yang mencoba memposisikan skutik tercepat.. dan juga Kymco Free LX.. mencoba memberikan value lebih dibandingkan harganya…!!! Dan Yamaha kudu merespons itu… ya ngeluarin mio soul..!!! Pertanyaannya adalah apakah response tersebut tepat… mari kita coba kupaz tuntaz disini…!!! 

Dan memang… berdasarkan data… pembeli mio itu lebih dari 50% adalah laki-laki…!!! Yamaha yang sebelumnya mengeluarkan mio untuk cewek.. mencoba memposisikan… product baru yang lebih mengarah ke konsumen laki-laki… !!! Padahal kalau 50% pengguna adalah laki-laki.. dan laki-laki itu rasional.. maka mio yang semula dianggap untuk cewek… ternyata nggak masalah tuh.. bagi cowok..!!! Jadi kalau mau …ngejar pasar cowok… kudu memahami ..apa sih yang diinginkan … cowok terhadap skutik…!!!

Yamaha yang sebelumnya lebih kepada inovasi (V-ixion begitu banyak inovasinya… Yamaha MX Komeng.. yang bermain diatas 125cc… Scorpio yang lebih tinggi 200cc..) sekarang… mulai terlihat ‘ganti casing’… well.. sah-sah aza.. mau ganti casing.. tapi kalau nggak signifikan.. dan bikin ‘eye catching’… apalagi sampai ‘wagu’… siap-siap.. konsumen akan hengkang.. dan memilih TTM lain… mbak si ‘kucing garong’… 

Perubahan yang agak mendingan terletak pada kapasitas tangki bensin yang lebih besar.. dari 3.1 liters menjadi 4.1 liters… Panel indikator berubah… body agak gambot dikit… kunci model ’super key shutter’ … lampu belakang yang agak berbeda… menurut gue… nggak banyak menambah value… apalagi harganya akan lebih mahal.. dan jika terlalu mahal.. dan valuenya nggak signifikan… yamaha bakalan… lewaaaatt… (off course in the long run..)… 

Justru kuncinya… kalau mau main ‘ganti casing’… gue kasih tahu neh…  Kudu nyiapin accessories.. yang oke punya… Bahkan kalau perlu… kayak model komputer… misalnya mau ganti velg.. accesories chrome… jadi tinggal pilih-pilih… customize … langsung go…!!! Contoh gambar..diatas.. itu sudah ditambahin accesories.. jadi si customer bisa milih.. velg nya yang warna itu.. body nya begini… tambah biaya nya segini…!!! Gitu lhooooo …. enduroooo… (kok kayak Basuki… ) 

Mengapa kudu banyak accessoriess…??? Karena pada prinsipnya… cowok tuh.. pengen tampil beda… (dalam artian yah.. lebih bagus..) ..terutama dalam memilih motor.. betul…????

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: