Polisi Juga Manusia

http://bangsabodoh.wordpress.com Mulai April 2007 ini saya pindah kerja. Dan tempat kerja yang baru terletak lebih jauh dari tempat tinggal saya. Hampir setiap hari saya melewati Jalan antara BNI Tower menuju Palmerah (sorry nama jalannya saya lupa). Setiap perempatan jalan biasanya ada polisi satu dua orang.  Lalu lintas begitu padat, sehingga biasanya setiap perempatan itu lalu lintas motor saya terhenti karena lampu merah menyala.

Ketika motor berhenti itulah perhatian saya tertuju kepada polisi yang bertugas. Mereka setiap hari ada di perempatan itu, di pagi, siang yang panas dan sore hari, baik hujan maupun tidak. Asap, bau dan debu yang berhamburan adalah hal biasa bagi mereka. Menjaga perempatan,sebuah pekerjaan yang tidak bisa dibilang menyenangkan. Saya membayangkan bahwa gaji polisi yang bertugas mengatur lalu lintas tentulah tidak banyak, saya duga sekitar Rp.2 hingga 3juta-an (ya kagak jauh beda sama gaji saya lah). Gaji pertama mereka tentulah lebih kecil lagi, mungkin kurang dari Rp. 1 juta.
Tahun 2002 saya pernah menulis bahwa gaji pertama minimal seorang pegawai negeri, polisi dan tentara (PN) seharusnya minimal Rp. 2 juta / bulan. Untuk tahun 2007 ini, dengan asumsi kenaikkan 10% per tahun, gajinya menjadi sekitar Rp. 2.5 juta – Rp.3 juta.

Terus maksudnya apa saya membahas hal ini???

Begini, saat ini pandangan negatif biasa dialamatkan kepada polisi, seperti: 
– tukang tilang, tapi bisa diajak damai (saya pernah mengalami!)
– bikin SIM dipersulit supaya bayar biaya siluman (saya pernah mengalami!)
– lapor ayam, hilang kambing (isu beredar di masyarakat kalau seseorang lapor pencurian, ada biaya yang harus dikeluarkan dan itu tidak sedikit, sehingga sering kalau ada peristiwa pencurian orang jadi malas lapor ke polisi)

Nah kalau Pemerintah bermaksud memperbaiki citra polisi, pertama kali ya harus “memperbaiki” gaji polisi menjadi lebih “pantas”. Dengan gaji yang cukup, maka bila ada pelanggaran korupsi atau pelayanan yang lamban bisa serta merta diambil tindakan tegas. Selain itu proses perekrutan ya harus fair, saran saya dilakukan lembaga independent.
-/-

Note: Tulisan ini masih memerlukan konfirmasi dari rekan-rekan mengenai gaji awal polisi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: