Parodi Rahasia Illahi

Sumber: http://forumbebas.com

Beberapa hari yang lalu gak sengaja saya nonton sinetron “Para Pencari Tuhan”. Sebuah sinetron yang berbeda dengan kebanyakan sinetron2 pop, alur cerita dan tokoh yang realistis seperti pak ustad yang malas untuk bertugas karena “bayarannya kecil” atau ketakutan seorang preman.

Jalan ceritanya tentang kesalahan masyarakat yang menyangka bang udin, seorang hansip, keburu dikubur karena disangka sudah meninggal. Akan tetapi ternyata dia tidak meninggal dan berusaha untuk keluar dari kuburannya. Dilain pihak sekelompok pemuda yang secara kebetulan menemukan kuburan bang udin yang sudah berantakan menyimpulkan “wah..karena azab kuburnya sangat kejam sehingga kuburannya sampe berantakan” atau setelah dilihat banyak cacing yang berada disekitar kuburan tersebut maka mereka berkesimpulan “bang udin diazab jadi cacing”

Atau sinetron ramadhan taun lalu yang dibintangi juga oleh Deddy Mizwar yang bercerita tentang penguburan seorang anggota masyarakat yang berakhir “ramai” karena kuburannya dipenuhi air. Maka berkembanglah gosip yang dibumbui fitnah tentang seseorang yang kena “rahasia Illahi”. Tapi setelah disuruh dicek ulang sama pak haji, ternyata ada pipa PDAM yang melintasi kuburan tersebut yang tercangkul dan mengakibatkan “banjir”.

Sangat jarang sinetron2 seperti ini dalam dunia pertelevisian kita, kadang sinetron “pencerahan” malah yang terjadi adalah pembodohan seperti sinetron RAHASIA ILLAHI

Sinetron “RAHASIA ILLAHI” menurut saya hanya mengajarkan fitnah dan membuat kita menjadi Tuhan yang serba tahu tentang rahasia, sebab musabab penyebab kematian seseorang. Bisakah kita tahu bahwa penyebab tubuh mayat yang melengkung karena azab Tuhan? Hanya Tuhan yang tahu, tapi anehnya diakhir cerita ada da’i-da’i muda kita ikut berceramah seakan-akan bahwa si mayat yang melengkung itu memang karena azab dari Tuhan, dia sudah berusaha menjadi Tuhan.

Anehnya juga seorang Quraish Shihab hanya menjadi kyai “medioker” ditengah da’i – da’i yang ngawur tersebut.

#1 21 Sep 2007 16:38 solobug Kolonel Registered: 18 Aug 2007 Posts: 597 Reputasi Saya : 6

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: